RPP PKn kelas XI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


  1. Identitas Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Kelas/Program                   : XI / BS - RPL
4.      Semester                            : Gasal
5.      Jumlah Pertemuan             : 1  x Pertemuan (2 x 45 menit)

  1. Standar Kompetensi            
1. Menganalisis  Budaya Politik di Indonesia           
C.  Kompetensi Dasar               
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
D. Indikator                                
1.      Menjelaskan pengertian budaya politik
2.      Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
3.      Mengemukakan budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian budaya politik
2.      Siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
3.      Siswa dapat mengemukakan budaya politik yang berkembang dalam masyarakat 
F.     Materi Ajar
Budaya politik :
1.      Pengertian budaya politik
2.      Ciri-ciri budaya politik
3.      Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
G.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.    Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
 Kertas dan buku
Sumber pembelajaran :
1.      Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga
2.      Tim Penyusun, 2008, Modul Pembelajaran PKn, Yogyakarta, MGMP
3.      LKS, Kreatif PKn, Yogyakarta, Viva Pakarindo
I.       Kegiatan Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Pendikar

1.
Pendahuluan :
1.    Mengucapkan salam
2.    Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.    Perkenalan antara guru dan siswa
4.    Menyampaikan SK dan KD untuk satu semester yang akan dipelajari serta memberikan informasi buku-buku untuk belajar siswa.
±10
1.      Kreatif
2.      Rasa ingin tahu




2.
Kegiatan Inti : 
EKSPLORASI :
1.      Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai pengertian budaya politik, ciri-ciri budaya politik, dan budaya politik yang berkembang dalam masyarakat.
2.      Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas,  untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas  materi tersebut.
3.      Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.    Siswa menyiapkan kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.    Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.    Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
±65
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kerja keras




3.
Penutup :  
1.    Refleksi :
 Siswa menyimpulkan  materi tentang budaya politik.
2.    Pemberian Tugas  :
Siswa di wajibkan membaca tentang tipe-tipe budaya politik untuk pertemuan minggu depan.
±15



Bersahabat


J.      Penilaian :
1.      Teknik : Tertulis
2.      Bentuk instrumen : Uraian
No.
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Soal
Jumlah
Nomor
  1
Tuliskan pengertian budaya politik menurut Marbun!
Tertulis
Uraian
1
1
2
Jelaskan pengertian orientasi kognitif!
Tertulis
Uraian
1
2
3
Bagaimana cara seorang pelajar menunjukkan partisipasi politiknya?
Tertulis
Uraian
1
3
4
Jelaskan bahwa tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap partisipasi politik seseorang!
Tertulis
Uraian
1
4
5
Sebutkan contoh-contoh wujud kegiatan partisipasi politik di sekitarmu !
Tertulis
Uraian
1
5



Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs.H.Ahmad Dahlan                                                                                Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                                    

LAMPIRAN:

No
SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Tuliskan pengertian budaya politik menurut Marbun!
Budaya politik adalah pandangan politik yang mempengaruhi sikap , orientasi, dan pilihan politik seseorang.
10
2
Jelaskan pengertian orientasi kognitif!
Meliputi berbagai pengetahuan dan keyakinan tentang sistem politik.
10
3
Bagaimana cara seorang pelajar menunjukkan partisipasi politiknya?
Melakuan musyawarah pemilihan ketua kelas, menjadi anggota organisasi (OSIS)
20
4
Jelaskan bahwa tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap partisipasi politik seseorang!
Karena dengan tingkat pendidikan lebih memahami mengenai partisipasi politik dan mewujudkan di lingkungan masyarakat.
20
5
Sebutkan contoh-contoh wujud kegiatan partisipasi politik di sekitarmu !
Mengikuti kegiatan masyarakat, rajin menyampaikan usul, mengikuti pemilihan rt/rw, menjalankan peraturan yang telah di sepakati.
20

PEDOMAN PENSKORAN :
NA (Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
                                Skor Maksimal





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


A. Identitas Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Kelas/Program                   : XI /BS - RPL
4.      Semester                            : Gasal
5.      Jumlah Pertemuan             : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)

B. Standar Kompetensi            
1. Menganalisis  Budaya Politik di Indonesia           
C.  Kompetensi Dasar               
1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
D. Indikator                                
1.      Menyebutkan tipe-tipe budaya politik
2.      Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
3.      Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku

E.     Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa mengerjakan tugas teka teki tipe-tipe budaya politik secara berkelompok, maka :
1.      Siswa dapat menyebutkan tipe-tipe budaya politik
2.      Siswa dapat mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
3.      Siswa dapat menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku
F.     Materi Ajar
Tipe-tipe budaya politik :
1.      Macam-macam tipologi budaya politik
2.      Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
G.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan mengerjakan Teka Teki  Tipe-Tipe Budaya Politik
H.    Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran : Power Point dan Kertas (Lembaran Teka Teki Tipe-Tipe Budaya Politik)
Sumber pembelajaran :
1.      Budiyanto, (2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga.
2.      Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga

I.       Kegiatan Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Pendikar

1.
Pendahuluan :
1.    Mengucapkan salam
2.    Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.    Mengulang sedikit materi yang di bahas pada minggu lalu
4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai kepada siswa yakni dapat menyebutkan tipe-tipe budaya politik,  dapat mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, dan dapat menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku)
5.    Menyampaikan model pembelajaran ( teka- teki tipe-tipe budaya politik)
6.    Tes awal ( siswa di ajukan pertanyaan oleh guru mengenai materi yang akan dibahas untuk mengenai sejauh mana materi ini di ketahui siswa)
±10
1.      Kreatif
2.      Rasa ingin tahu




2.
Kegiatan Inti : 
EKSPLORASI :
1.      Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai tipe-tipe budaya politik :
1.Macam-macam tipologi budaya politik
2.Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang berlaku
2.      Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas,  untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas  materi tersebut.
3.      Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.    Siswa berkelompok @ 2 orang dengan teman sebangku  dan setiap kelompok diberikan tugas untuk mengerjakan teka-teki tipe-tipe budaya politik.
2.    Semua kelompok diberikan waktu ± 20 menit untuk mengerjakan tugas teka-teki tipe-tipe budaya politik ini dan bila telah selesai mengerjakan maka hasil akhirnya di kumpulkan ke guru.
3.    Tiga kelompok pertama yang paling cepat menyelesaikan teka teki tipe-tipe budaya politik akan mendapat reward.
4.    Dan dari ke tiga kelompok ini, salah satunya akan di undi untuk mempresentasikan hasil tugas kelompok mereka. Dan kelompok lain (audience) dapat memberikan sanggahan ataupun membenarkan hasil presentasi tersebut.
KONFIRMASI :
Siswa mengerjakan tugas teka-teki tipe-tipe budaya politik, kemudian salah satu kelompok dari siswa mempresentasikan hasil akhir mereka dan kelompok siswa yang lain memberikan sanggahan atau membenarkan hasil akahir mereka.
±65
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kerja keras




3.
Penutup :  
1.    Refleksi :
 Siswa menyimpulkan  materi tentang tipe-tipe budaya politik.
2.    Pemberian Tugas :
Siswa di wajibkan mencari dan membaca tentang pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik untuk pertemuan minggu depan.
±15



Bersahabat
J.      Penilaian :
1.      Teknik : Tertulis
2.      Bentuk instrumen : Uraian
No.
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Soal
Jumlah
Nomor
  1
Salah satu tipe budaya politik berdasarkan orientasinya mendekati nol disebut...
Tertulis
Uraian
1
1
2
Tipe budaya politik yang ditandai dengan penggunaan kekerasan disebut budaya politik...
Tertulis
Uraian
1
2
3
Salah satu ciri dominan dari budaya politik Indonesia...
Tertulis
Uraian
1
3
4
Budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik yang tinggi disebut..
Tertulis
Uraian
1
4
5
Dasar aturan dalam pengembangan budaya politik partisipan di Indonesia berada pada pasal...ayat...
Tertulis
Uraian
1
5
6
Rendahnya tingkat pendidikan merupakan ciri dari budaya politik..
Tertulis
Uraian
1
6
7
Salah satu dampak perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang  berlaku ialah...
Tertulis
Uraian
1
7
8
Bentuk dari salah satu kebijakan umum...
Tertulis
Uraian
1
8
9
Contoh dari pelaksanaan budaya politik partisipan...
Tertulis
Uraian
1
9
10
Bentuk dari salah satu contoh partai politik...
Tertulis
Uraian
1
10


Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs.H. Ahmad Dahlan                                                                               Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                                    

LAMPIRAN:

No
SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Salah satu tipe budaya politik berdasarkan orientasinya disebut...
Kaula
8
2
Tipe budaya politik yang ditandai dengan penggunaan kekerasan disebut budaya politik...
Militan
8
3
Salah satu ciri dominan dari budaya politik Indonesia...
Neo Patrimonialistik
12
4
Budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik yang tinggi disebut budaya politik...
Partisipan
8
5
Dasar aturan dalam pengembangan budaya politik partisipan di Indonesia berada pada pasal...ayat...
Pasal 1 ayat 2
8
6
Rendahnya tingkat pendidikan merupakan ciri dari budaya politik..
Parokial
8
7
Salah satu dampak perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik yang  berlaku ialah...
Stabilitas politik
12
8
Bentuk dari salah satu kebijakan umum...
Peraturan Pemerintah
12
9
Contoh dari pelaksanaan budaya politik partisipan...
Ikut Kampanye
12
10
Contoh dari partai politik...
HANURA
12

PEDOMAN PENSKORAN :
NA (Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
                                Skor Maksimal









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.        Identitas Sekolah
1.         Nama Sekolah             : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.         Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
3.         Kelas/Program             : XI /BS - RPL
4.         Semester                      : Gasal
5.         Jumlah Pertemuan       : 1  x Pertemuan (1  x 45 menit)

B. Standar Kompetensi                   
1. Menganalisis  Budaya Politik di Indonesia           
C. Kompetensi Dasar                       
1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
D. Indikator
1. Menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
2. Mengidentifikasikan fungsi partai politik
3. Menguraikan metode sosialisasi pengembangan budaya politik
E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
2. Siswa dapat mengindentifikasikan fungsi partai politik
3. Siswa dapat menguraikan metode sosialisasi pengembangan budaya politik

F.         Materi Ajar
Sosialisasi budaya politik :
1.      Makna sosialisasi kesadaran politik
2.      fungsi dan peranan partai politik
3.      metode sosialisasi budaya politik
G.        Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H.        Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
LCD, Laptop, dan Kertas
Sumber pembelajaran :
1.         Budiyanto, (2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga.
2.         Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga
I.          Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Pendikar
1.
Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam, berdoa, presensi siswa
2.      Apresepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
±10
1.      rasa ingin tahu
2.      kreatif
2.
Kegiatan Inti :
EKSPLORASI :
1.      Guru menyampaikan materi mengenai, makna sosialisasi kesadaran politik, fungsi dan peranan partai politik, metode sosialisasi budaya politik.
2.      guru memberikan contoh-contoh kepada peserta didik.
3.      guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
ELABORASI:
1.      Guru memberikan tugas mengenai pengalaman politik di keluarga, sekolah, kelompok bermain, dan media massa
2.      siswa diberikan waktu ± 15 menit untuk mengerjakan tugas dari guru.
±65
1.      rasa ingin tahu
2.      kerja keras

PENUTUP :
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi mengenai sosialisasi budaya politik.
2.      Berdoa dan salam

±15



J.         Penilaian :
1.         Teknik : Tertulis
2.         Bentuk instrumen : Uraian
No          
Indikator Pencapain
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sarana kelurga
tertulis
uraian
2
Sarana sekolah
tertulis
uraian
3
Sarana kelompok bermain
tertulis
uraian
4
Sarana media massa
tertulis
uraian

Yogyakarta, 9 September 2015
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                       Guru MataPelajaran

Drs.H. Ahmad Dahlan                                                                        Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                            



Lampiran
keluarga
Membagi tugas pekerjaan rumah
sekolah
Memilih Ketua kelas, memilih ketua Osis
Sarana kelompok bermain
Memecahkan masalah bersama teman bermain
Sarana media massa
Membaca artikel melalui media elektronik (tv,internet, Koran, dll)

PEDOMAN PENSKORAN :
NA (Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
                                 Skor Maksimal






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.        Identitas Sekolah
1.         Nama Sekolah             : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.         Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
3.         Kelas/Program             : XI /BS - RPL
4.         Semester                      : Gasal
5.         Jumlah Pertemuan       : 1  x Pertemuan (1  x 45 menit)

B. Standar Kompetensi                   
1. Menganalisis  Budaya Politik di Indonesia           
C. Kompetensi Dasar
1.4  Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
 D. Indikator
1. Memberikan contoh budaya politik parokial, kaula dan partisipan
2. Menunjukkan budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
3. Mendemonstrasikan budaya politik partisipan di depan kelas
E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Memberikan contoh budaya politik parokial, kaula dan partisipan
2. Siswa dapat Menunjukkan budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
3. Siswa dapat Mendemonstrasikan budaya politik partisipan di depan kelas.
F.         Materi Ajar
Budaya politik partisipan
1.  Bentuk-bentuk budaya politik patisipan
2.  Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat


G.        Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H.        Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
LCD, Laptop, dan Kertas
Sumber pembelajaran :
1.         Budiyanto, (2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga.
2.         Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga
I.          Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu (menit)
Pendikar
1.
Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam, berdoa, presensi siswa
2.      Apresepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
±10
1.      rasa ingin tahu
2.      kreatif
2.
Kegiatan Inti :
EKSPLORASI :
1.      Guru menyampaikan materi mengenai Bentuk-bentuk budaya politik patisipan, Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
2.      Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas,  untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas  materi tersebut
3.       ELABORASI:
1.      guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
2.      Guru memberikan penekan materi kepada siswa yang belum memahami
±65
1.      rasa ingin tahu
2.      kerja keras

PENUTUP :
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi mengenai Bentuk-bentuk budaya politik patisipan, Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
2.      Berdoa dan salam

±15






J. Penilaian :
a.       Penilaian Kognitif
b.      Penilaian Afektif



Yogyakarta, 9 September 2015
Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah                                                                       Guru MataPelajaran

Drs.H. Ahmad Dahlan                                                                       Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                            







 









Next
Previous
Click here for Comments

1 komentar:

avatar

Selmt malm. Maaf Pak/Bu. Salam kenal dri Gunungkidul boleh gak sya nyuwun Rpp kls X, XI dan XI. Krn sangat bermanfaat.. Demikian Trmksh sblmnya...