RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Identitas Sekolah
1.
Nama
Sekolah : SMK
Muh 4 Yogyakarta
2.
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3.
Kelas/Program : XI /
BS - RPL
4.
Semester : Gasal
5.
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)
- Standar Kompetensi
1. Menganalisis Budaya
Politik di Indonesia
C. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
D. Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian budaya politik
2.
Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
3.
Mengemukakan budaya politik yang berkembang dalam
masyarakat
E. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian budaya politik
2.
Siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
3.
Siswa dapat mengemukakan budaya politik yang
berkembang dalam masyarakat
F. Materi
Ajar
Budaya politik :
1.
Pengertian budaya politik
2.
Ciri-ciri budaya politik
3.
Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
G.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.
Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
Kertas dan
buku
Sumber pembelajaran :
1.
Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta,
Erlangga
2.
Tim Penyusun,
2008, Modul Pembelajaran PKn, Yogyakarta, MGMP
3.
LKS, Kreatif
PKn, Yogyakarta, Viva Pakarindo
I.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Mengucapkan salam
2.
Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.
Perkenalan antara guru dan siswa
4.
Menyampaikan SK dan KD untuk satu semester yang
akan dipelajari serta memberikan informasi buku-buku untuk belajar siswa.
|
±10
|
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin tahu
|
|
2.
|
Kegiatan Inti :
EKSPLORASI :
1.
Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai
pengertian budaya politik, ciri-ciri
budaya politik, dan budaya politik yang berkembang dalam masyarakat.
2.
Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas, untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa
atas materi tersebut.
3.
Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang
dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.
Siswa menyiapkan
kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.
Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.
Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
|
±65
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Bertanggung jawab
3.
Kerja keras
|
|
3.
|
Penutup :
1. Refleksi :
Siswa menyimpulkan materi tentang budaya politik.
2.
Pemberian Tugas :
Siswa di wajibkan
membaca tentang tipe-tipe
budaya politik untuk pertemuan minggu depan.
|
±15
|
Bersahabat
|
J. Penilaian
:
1.
Teknik
: Tertulis
2.
Bentuk
instrumen : Uraian
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Soal
|
|
Jumlah
|
Nomor
|
||||
1
|
Tuliskan
pengertian budaya politik menurut Marbun!
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
2
|
Jelaskan
pengertian orientasi kognitif!
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
2
|
3
|
Bagaimana
cara seorang pelajar menunjukkan partisipasi politiknya?
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
3
|
4
|
Jelaskan
bahwa tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap partisipasi politik
seseorang!
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
4
|
5
|
Sebutkan
contoh-contoh wujud kegiatan partisipasi politik di sekitarmu !
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
5
|
Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.H.Ahmad Dahlan Rini
Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
LAMPIRAN:
No
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Tuliskan
pengertian budaya politik menurut Marbun!
|
Budaya
politik adalah pandangan politik yang mempengaruhi sikap , orientasi, dan
pilihan politik seseorang.
|
10
|
2
|
Jelaskan
pengertian orientasi kognitif!
|
Meliputi
berbagai pengetahuan dan keyakinan tentang sistem politik.
|
10
|
3
|
Bagaimana
cara seorang pelajar menunjukkan partisipasi politiknya?
|
Melakuan
musyawarah pemilihan ketua kelas, menjadi anggota organisasi (OSIS)
|
20
|
4
|
Jelaskan
bahwa tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap partisipasi politik
seseorang!
|
Karena
dengan tingkat pendidikan lebih memahami mengenai partisipasi politik dan
mewujudkan di lingkungan masyarakat.
|
20
|
5
|
Sebutkan
contoh-contoh wujud kegiatan partisipasi politik di sekitarmu !
|
Mengikuti
kegiatan masyarakat, rajin menyampaikan usul, mengikuti pemilihan rt/rw,
menjalankan peraturan yang telah di sepakati.
|
20
|
PEDOMAN PENSKORAN :
NA
(Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
Skor Maksimal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Nama
Sekolah : SMK
Muh 4 Yogyakarta
2.
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3.
Kelas/Program : XI /BS
- RPL
4.
Semester : Gasal
5.
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
1. Menganalisis Budaya
Politik di Indonesia
C. Kompetensi Dasar
1.2 Menganalisis
tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
D.
Indikator
1.
Menyebutkan tipe-tipe budaya politik
2.
Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam
masyarakat Indonesia
3.
Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan
perkembangan sistem politik yang berlaku
Setelah siswa mengerjakan tugas teka teki tipe-tipe
budaya politik secara berkelompok, maka :
1.
Siswa dapat menyebutkan tipe-tipe budaya politik
2.
Siswa dapat mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam
masyarakat Indonesia
3.
Siswa dapat menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan
perkembangan sistem politik yang berlaku
F.
Materi Ajar
Tipe-tipe budaya politik :
1.
Macam-macam tipologi budaya politik
2.
Perkembangan tipe budaya politik sejalan
perkembangan sistem politik yang berlaku
G. Metode
Pembelajaran
Ceramah
dan
mengerjakan Teka Teki Tipe-Tipe Budaya Politik
H. Media
dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran : Power Point dan Kertas (Lembaran Teka Teki Tipe-Tipe Budaya
Politik)
Sumber
pembelajaran :
1.
Budiyanto, (2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta,
Erlangga.
2.
Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta,
Erlangga
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Mengucapkan salam
2.
Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.
Mengulang sedikit materi yang di bahas pada minggu lalu
4.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
kepada siswa yakni
dapat menyebutkan tipe-tipe budaya politik, dapat mengidentifikasi tipe budaya politik yang
berkembang dalam masyarakat Indonesia, dan dapat menganalisis dampak perkembangan tipe
politik sesuai dengan perkembangan sistem politik yang berlaku)
5.
Menyampaikan model pembelajaran ( teka- teki
tipe-tipe budaya politik)
6.
Tes awal ( siswa di ajukan pertanyaan oleh guru mengenai materi yang akan
dibahas untuk mengenai sejauh mana materi ini di ketahui siswa)
|
±10
|
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin tahu
|
|
2.
|
Kegiatan Inti :
EKSPLORASI :
1.
Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai tipe-tipe budaya politik :
1.Macam-macam tipologi budaya politik
2.Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem politik
yang berlaku
2.
Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas, untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa
atas materi tersebut.
3.
Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang
dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.
Siswa berkelompok @ 2 orang dengan teman sebangku dan setiap kelompok
diberikan tugas
untuk mengerjakan teka-teki tipe-tipe budaya politik.
2.
Semua kelompok diberikan waktu ± 20 menit untuk mengerjakan tugas
teka-teki tipe-tipe budaya politik ini dan bila telah selesai mengerjakan
maka hasil akhirnya di kumpulkan ke guru.
3.
Tiga kelompok pertama yang paling cepat menyelesaikan teka teki tipe-tipe
budaya politik akan mendapat reward.
4.
Dan dari ke tiga kelompok ini, salah satunya akan di undi untuk
mempresentasikan hasil tugas kelompok mereka. Dan kelompok lain (audience)
dapat memberikan sanggahan ataupun membenarkan hasil presentasi tersebut.
KONFIRMASI :
Siswa mengerjakan tugas teka-teki tipe-tipe budaya
politik, kemudian salah satu kelompok dari siswa mempresentasikan hasil akhir
mereka dan kelompok siswa yang lain memberikan sanggahan atau membenarkan
hasil akahir mereka.
|
±65
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Bertanggung jawab
3.
Kerja keras
|
|
3.
|
Penutup :
1.
Refleksi :
Siswa menyimpulkan materi tentang tipe-tipe budaya politik.
2.
Pemberian Tugas :
Siswa di wajibkan mencari dan
membaca tentang pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik untuk pertemuan minggu depan.
|
±15
|
Bersahabat
|
J.
Penilaian :
1.
Teknik
: Tertulis
2.
Bentuk
instrumen : Uraian
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal
|
|
Jumlah
|
Nomor
|
||||
1
|
Salah satu tipe budaya politik berdasarkan orientasinya
mendekati nol disebut...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
2
|
Tipe budaya politik yang ditandai dengan penggunaan
kekerasan disebut budaya politik...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
2
|
3
|
Salah satu ciri dominan dari budaya politik
Indonesia...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
3
|
4
|
Budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik
yang tinggi disebut..
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
4
|
5
|
Dasar aturan dalam pengembangan budaya politik partisipan
di Indonesia berada pada pasal...ayat...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
5
|
6
|
Rendahnya tingkat pendidikan merupakan ciri dari budaya
politik..
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
6
|
7
|
Salah satu dampak perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem
politik yang berlaku ialah...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
7
|
8
|
Bentuk dari salah satu kebijakan umum...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
8
|
9
|
Contoh dari pelaksanaan budaya politik partisipan...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
9
|
10
|
Bentuk dari salah satu contoh partai politik...
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
10
|
Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.H. Ahmad Dahlan Rini
Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
LAMPIRAN:
No
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Salah satu tipe budaya politik berdasarkan orientasinya
disebut...
|
Kaula
|
8
|
2
|
Tipe budaya politik yang ditandai dengan penggunaan
kekerasan disebut budaya politik...
|
Militan
|
8
|
3
|
Salah satu ciri dominan dari budaya politik
Indonesia...
|
Neo Patrimonialistik
|
12
|
4
|
Budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik
yang tinggi disebut budaya politik...
|
Partisipan
|
8
|
5
|
Dasar aturan dalam pengembangan budaya politik
partisipan di Indonesia berada pada pasal...ayat...
|
Pasal 1 ayat 2
|
8
|
6
|
Rendahnya tingkat pendidikan merupakan ciri dari budaya
politik..
|
Parokial
|
8
|
7
|
Salah satu dampak perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan sistem
politik yang berlaku ialah...
|
Stabilitas politik
|
12
|
8
|
Bentuk dari salah satu kebijakan umum...
|
Peraturan Pemerintah
|
12
|
9
|
Contoh dari pelaksanaan budaya politik partisipan...
|
Ikut Kampanye
|
12
|
10
|
Contoh dari partai politik...
|
HANURA
|
12
|
PEDOMAN
PENSKORAN :
NA
(Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
Skor Maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas Sekolah
1. Nama
Sekolah : SMK Muh 4 Yogyakarta
2. Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3. Kelas/Program : XI /BS - RPL
4. Semester : Gasal
5. Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (1 x 45 menit)
B. Standar Kompetensi
1. Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
C. Kompetensi Dasar
1.3 Mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya politik
D. Indikator
1. Menjelaskan makna sosialisasi
kesadaran politik
2. Mengidentifikasikan fungsi
partai politik
3. Menguraikan metode sosialisasi
pengembangan budaya politik
E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan makna
sosialisasi kesadaran politik
2. Siswa dapat mengindentifikasikan
fungsi partai politik
3. Siswa dapat menguraikan metode
sosialisasi pengembangan budaya politik
F. Materi Ajar
Sosialisasi budaya politik :
1. Makna
sosialisasi kesadaran politik
2. fungsi
dan peranan partai politik
3. metode
sosialisasi budaya politik
G. Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H. Media dan Sumber
pembelajaran
Media pembelajaran :
LCD, Laptop, dan Kertas
Sumber pembelajaran :
1. Budiyanto,
(2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga.
2. Bambang
Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga
I. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
1.
|
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam, berdoa, presensi siswa
2. Apresepsi
(menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran)
|
±10
|
1. rasa
ingin tahu
2. kreatif
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
EKSPLORASI :
1. Guru
menyampaikan materi mengenai, makna sosialisasi kesadaran politik, fungsi dan
peranan partai politik, metode sosialisasi budaya politik.
2. guru
memberikan contoh-contoh kepada peserta didik.
3. guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
ELABORASI:
1. Guru
memberikan tugas mengenai pengalaman politik di keluarga, sekolah, kelompok
bermain, dan media massa
2. siswa
diberikan waktu ± 15 menit untuk mengerjakan tugas dari guru.
|
±65
|
1. rasa
ingin tahu
2. kerja
keras
|
PENUTUP :
1. Guru
dan siswa menyimpulkan materi mengenai sosialisasi budaya politik.
2. Berdoa
dan salam
|
±15
|
J. Penilaian :
1. Teknik
: Tertulis
2. Bentuk
instrumen : Uraian
No
|
Indikator Pencapain
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sarana
kelurga
|
tertulis
|
uraian
|
2
|
Sarana
sekolah
|
tertulis
|
uraian
|
3
|
Sarana
kelompok bermain
|
tertulis
|
uraian
|
4
|
Sarana media massa
|
tertulis
|
uraian
|
Yogyakarta,
9 September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru MataPelajaran
Drs.H. Ahmad Dahlan Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
Lampiran
keluarga
|
Membagi
tugas pekerjaan rumah
|
sekolah
|
Memilih
Ketua kelas, memilih ketua Osis
|
Sarana
kelompok bermain
|
Memecahkan
masalah bersama teman bermain
|
Sarana
media massa
|
Membaca
artikel melalui media elektronik (tv,internet, Koran, dll)
|
PEDOMAN PENSKORAN :
NA (Nilai
Akhir) = Perolehan Skor x 100
Skor Maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas Sekolah
1. Nama
Sekolah : SMK Muh 4 Yogyakarta
2. Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3. Kelas/Program : XI /BS - RPL
4. Semester : Gasal
5. Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (1 x 45 menit)
B. Standar Kompetensi
1. Menganalisis Budaya Politik di Indonesia
C. Kompetensi Dasar
1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
D. Indikator
1. Memberikan contoh budaya politik parokial, kaula
dan partisipan
2. Menunjukkan budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan
politik bangsa
3. Mendemonstrasikan budaya politik partisipan di depan kelas
E. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Memberikan contoh budaya
politik parokial, kaula dan partisipan
2. Siswa dapat Menunjukkan budaya
politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
3. Siswa dapat Mendemonstrasikan budaya
politik partisipan di depan kelas.
F. Materi Ajar
Budaya politik partisipan
1. Bentuk-bentuk
budaya politik patisipan
2. Contoh perilaku
berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
G. Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H. Media dan Sumber
pembelajaran
Media pembelajaran :
LCD, Laptop, dan Kertas
Sumber pembelajaran :
1. Budiyanto,
(2007),PKn SMA Kelas XI, Jakarta, Erlangga.
2. Bambang
Suteng, (2007), PKn Kelas XI, Jakarta, Erlangga
I. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
1.
|
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam, berdoa, presensi siswa
2. Apresepsi
(menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran)
|
±10
|
1. rasa
ingin tahu
2. kreatif
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
EKSPLORASI :
1.
Guru menyampaikan materi mengenai Bentuk-bentuk
budaya politik patisipan, Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang
berkembang di masyarakat
2.
Siswa
diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas, untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa
atas materi tersebut
3.
ELABORASI:
1. guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
2. Guru
memberikan penekan materi kepada siswa yang belum memahami
|
±65
|
1. rasa
ingin tahu
2. kerja
keras
|
PENUTUP :
1. Guru
dan siswa menyimpulkan materi mengenai Bentuk-bentuk budaya politik patisipan, Contoh
perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
2. Berdoa
dan salam
|
±15
|
J. Penilaian :
a.
Penilaian
Kognitif
b.
Penilaian
Afektif
Yogyakarta,
9 September 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru MataPelajaran
Drs.H. Ahmad Dahlan Rini Ismanan
S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
1 komentar:
Selmt malm. Maaf Pak/Bu. Salam kenal dri Gunungkidul boleh gak sya nyuwun Rpp kls X, XI dan XI. Krn sangat bermanfaat.. Demikian Trmksh sblmnya...