RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Identitas Sekolah
1.
Nama
Sekolah : SMK
Muh 4 Yogyakarta
2.
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3.
Kelas/Program : X /
BS - RPL
4.
Semester : Gasal
5.
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)
- Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
C. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
C.
Indikator
1. Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk
individu dan makhluk sosial
2.
Menganalisis pengertian bangsa
3.
Menganalisis unsur-unsur
terbentuknya bangsa
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai
makhluk individu dan makhluk sosial
2.
Siswa dapat
menganalisis pengertian bangsa
3.
Siswa dapat
menganalisis unsur-unsur terbentuknya bangsa
F. Materi
Ajar
Bangsa dan negara :
1.
Hakikat manusia
sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
2.
Hakikat
bangsa
3.
Unsur-unsur
terbentuknya bangsa
G.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.
Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
Kertas
Sumber pembelajaran :
1.
Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta,
Erlangga
2.
Tim LP2IP,
Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
I.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Mengucapkan salam
2.
Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.
Perkenalan antara guru dan siswa
4.
Menyampaikan SK dan KD untuk satu semester yang
akan dipelajari serta memberikan informasi buku-buku untuk belajar siswa.
|
±10
|
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin tahu
|
|
2.
|
Kegiatan Inti :
EKSPLORASI :
1.
Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai
bangsa dan negara hakikat manusia sebagai makhluk sosial, hakikat bangsa,
unsure-unsur terbentuknya bangsa.
2.
Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas, untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa
atas materi tersebut.
3.
Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang
dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.
Siswa menyiapkan
kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.
Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.
Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
|
±65
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Bertanggung jawab
3.
Kerja keras
|
|
3.
|
Penutup :
1. Refleksi :
Siswa menyimpulkan materi tentang bangsa dan negara
Pemberian Tugas
:
Siswa di wajibkan
membaca tentang negara
dan bentuk-bentuk kenegaraan untuk pertemuan minggu depan.
|
±15
|
Bersahabat
|
J. Penilaian
:
1.
Teknik
: Tertulis
2.
Bentuk
instrumen : Uraian
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Soal
|
|
Jumlah
|
Nomor
|
||||
1
|
Jelaskan
pengertian bangsa!
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
1
|
2
|
Rakyat
dibedakan menjadi 2, jelaskan rakyat berdasarkan hubungan dengan negaranya!
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
2
|
3
|
Mengapa
manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain?
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
3
|
4
|
Mengapa
negara mempunyai sifat memaksa?
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
4
|
5
|
Sebutkan
unsure-unsur negara
|
Tertulis
|
Uraian
|
1
|
5
|
Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.H.Ahmad Dahlan Rini
Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
LAMPIRAN:
No
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan
pengertian bangsa!
|
Bangsa
adalah rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan
bersama.
|
10
|
2
|
Rakyat
dibedakan menjadi 2, jelaskan rakyat berdasarkan hubungan dengan negaranya!
|
1. penduduk
: mereka yang bertempat tinggal di
dalam suatu wilayah negara secara menetap biasanya lahir secara turun temurun
dan besar dalam suatu negara tertentu
2. bukan
penduduk : mereka berada dalam wilayah suatu negara hanya untuk sementara
waktu.
|
10
|
3
|
Mengapa
manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain?
|
Karena
menjalin relasi dan berinteraksi dengan manusia lain dalam masyarakatnya.
manusia hidup dan berkembang dalam masyarakat.
|
20
|
4
|
Mengapa
negara mempunyai sifat memaksa?
|
Karena
negara mempunyai kekuasaan untuk memakai kekerasan fisik secara sah agar UU
di taati, tertib dalam masyarakat.
|
20
|
5
|
Sebutkan
unsur-unsur negara!
|
1. penduduk
yang menetap
2. wilayah
tertentu
3. pemerintahan
4. kemampuan
untuk berhubungan dengan negara lain.
|
20
|
PEDOMAN PENSKORAN :
NA
(Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
Skor Maksimal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Identitas Sekolah
1.
Nama
Sekolah : SMK
Muh 4 Yogyakarta
2.
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3.
Kelas/Program : X /
BS - RPL
4.
Semester : Gasal
5.
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)
- Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
C. Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan
bentuk-bentuk kenegaraan
C.
Indikator
1.
Menganalisis pengertian Negara
2.
Mendeskripsikan
asal mula terjdinya negara
3.
Mendeskripsikan
unsur-unsur terbentuknya negara
4.
Menguraikan
pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
5.
Menganalisis bentuk-bentuk
kenegaraan
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menganalisis pengertian negara
2.
Siswa
dapat mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3.
Siswa
dapat mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya negara
4.
Siswa
dapat menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
5.
Siswa
dapat menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
F. Materi
Ajar
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan :
1. Hakikat negara
2. Asal
mula terjadinya negara
3. Unsur-unsur
terbentuknya Negara
4. Makna
penting pengakuan suatu negara dari negara lain
5.
Bentuk-bentuk kenegaraan
G.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.
Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
Kertas,
Laptop, LCD
Sumber pembelajaran :
1.
Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta,
Erlangga
2.
Tim LP2IP,
Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
I.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Mengucapkan salam, berdoa dan presensi siswa
2.
Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.
Menyampaikan SK dan KD yang akan dipelajari
|
±10
|
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin tahu
|
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Pertemuan 1
EKSPLORASI :
1.
Guru menyampaikan materi mengenai Negara dan bentuk-bentuk
kenegaraan, hakikat negara, terbentuknya negara makna penting pengakuan suatu
negara dari negara lain dan bentuk kenegaraa.
2.
Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas, untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa
atas materi tersebut.
3.
Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang
dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
Pertemuan II :
EKSPLORASI :
1.
Guru memanggil wakil kelompok
untuk mengambil no urut.
2.
Siswa mempresentasekan hasil
maimapping mengenai asal mula Negara dengan mengenalkan anggota kelompoknya.
3.
Setelah menjelaskan maimapping,
kelompok lain mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang mempresentasikan dan
menjawab pertanyaan tersebut.
ELABORASI :
Pertemuan I:
1.
Siswa menyiapkan
kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.
Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.
Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
Pertemuan II :
1.
guru menyimpulkan hasil dari terbentuknya negara
2.
siswa di berikan kesempatan untuk bertanya
|
±65
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Bertanggung jawab
3.
Kerja keras
|
|
3.
|
Penutup :
Pertemuan I dan II
1. Refleksi :
Guru
dan Siswa menyimpulkan materi tentang Negara dan bentuk-bentuk
kenegaraan.
Pemberian Tugas :
Pertemuan I
Guru
memberikan tugas untuk membuat maimapping mengenai terbentuknya negara
terdiri 1 kelompok 4 orang.
|
±15
|
Bersahabat
|
J. Penilaian
:
1.
Penilaian kognitif
2.
Penilaian Afektif
Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.H.Ahmad Dahlan Rini
Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
- Identitas Sekolah
1.
Nama
Sekolah : SMK
Muh 4 Yogyakarta
2.
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
3.
Kelas/Program : X /
BS - RPL
4.
Semester : Gasal
5.
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)
- Standar Kompetensi
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
C. Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian dan fungsi negara
2.
Membandingkan berbagai teori tujuan Negara
3.
Menganalisis tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
E. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan dan fungsi negara
2.
Siswa
dapat membandingkan berbagai teori tujuan negara
3.
Siswa
dapat menganalisis tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
F. Materi
Ajar
1. Pengertian
NKRI sesuai dengan UU yang berlaku
2.
Tujuan NKRI yang terdapat dalam
pembukaan UUD 1945
G.
Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H.
Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
Kertas
dan buku
Sumber pembelajaran :
1.
Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta,
Erlangga
2.
Tim LP2IP,
Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
3.
Retno
Listiyarti, (2007), PKn SMA Kelas X, Jakarta, ESIS
I.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
Pendikar
|
|
1.
|
Pendahuluan :
1.
Mengucapkan salam, berdoa dan presensi siswa
2.
Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
|
±10
|
1.
Kreatif
2.
Rasa ingin tahu
|
|
2.
|
Kegiatan Inti :
1.
Guru tanya jawab dengan siswa
mengenai materi yang akan di bahas.
2.
Guru menyampaikan materi pengertian NKRI sesuai dengan UU yang berlaku
dan tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
3.
Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
|
±65
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Bertanggung jawab
3.
Kerja keras
|
|
3.
|
Penutup :
1. Refleksi :
a. Guru
dan Siswa menyimpulkan materi mengenai pengertian NKRI sesuai dengan UU yang
berlaku dan tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
b. Guru
mengucapkan salam
|
±15
|
Bersahabat
|
J. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.H.Ahmad Dahlan Rini
Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001
0 komentar: