RPP PKn kelas X




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


  1. Identitas Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Kelas/Program                   : X / BS - RPL
4.      Semester                            : Gasal
5.      Jumlah Pertemuan             : 1  x Pertemuan (2 x 45 menit)

  1. Standar Kompetensi            
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
C.  Kompetensi Dasar               
1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa

C.    Indikator                               
1.      Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.      Menganalisis  pengertian bangsa
3.      Menganalisis  unsur-unsur  terbentuknya bangsa

E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.      Siswa dapat menganalisis  pengertian bangsa
3.      Siswa dapat menganalisis  unsur-unsur  terbentuknya bangsa

F.     Materi Ajar
Bangsa dan negara :
1.      Hakikat manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
2.      Hakikat bangsa
3.      Unsur-unsur terbentuknya bangsa

G.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.    Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
 Kertas
Sumber pembelajaran :
1.      Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta, Erlangga
2.      Tim LP2IP, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
I.       Kegiatan Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Pendikar

1.
Pendahuluan :
1.    Mengucapkan salam
2.    Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.    Perkenalan antara guru dan siswa
4.    Menyampaikan SK dan KD untuk satu semester yang akan dipelajari serta memberikan informasi buku-buku untuk belajar siswa.
±10
1.      Kreatif
2.      Rasa ingin tahu




2.
Kegiatan Inti : 
EKSPLORASI :
1.      Siswa di sajikan materi oleh guru mengenai bangsa dan negara hakikat manusia sebagai makhluk sosial, hakikat bangsa, unsure-unsur terbentuknya bangsa.
2.      Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas,  untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas  materi tersebut.
3.      Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
ELABORASI :
1.    Siswa menyiapkan kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.    Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.    Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
±65
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kerja keras




3.
Penutup :  
1.    Refleksi :
 Siswa menyimpulkan  materi tentang bangsa dan negara
 Pemberian Tugas  :
Siswa di wajibkan membaca tentang negara dan bentuk-bentuk kenegaraan untuk pertemuan minggu depan.
±15



Bersahabat

J.      Penilaian :
1.      Teknik : Tertulis
2.      Bentuk instrumen : Uraian
No.
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Soal
Jumlah
Nomor
1
Jelaskan pengertian bangsa!
Tertulis
Uraian
1
1
2
Rakyat dibedakan menjadi 2, jelaskan rakyat berdasarkan hubungan dengan negaranya!
Tertulis
Uraian
1
2
3
Mengapa manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain?
Tertulis
Uraian
1
3
4
Mengapa negara mempunyai sifat memaksa?
Tertulis
Uraian
1
4
5
Sebutkan unsure-unsur negara
Tertulis
Uraian
1
5



Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs.H.Ahmad Dahlan                                                                                Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                                    



LAMPIRAN:

No
SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Jelaskan pengertian bangsa!
Bangsa adalah rakyat yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan bersama.
10
2
Rakyat dibedakan menjadi 2, jelaskan rakyat berdasarkan hubungan dengan negaranya!
1.      penduduk : mereka yang  bertempat tinggal di dalam suatu wilayah negara secara menetap biasanya lahir secara turun temurun dan besar dalam suatu negara tertentu
2.      bukan penduduk : mereka berada dalam wilayah suatu negara hanya untuk sementara waktu.
10
3
Mengapa manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain?
Karena menjalin relasi dan berinteraksi dengan manusia lain dalam masyarakatnya. manusia hidup dan berkembang dalam masyarakat.
20
4
Mengapa negara mempunyai sifat memaksa?
Karena negara mempunyai kekuasaan untuk memakai kekerasan fisik secara sah agar UU di taati, tertib dalam masyarakat.
20
5
Sebutkan unsur-unsur negara!
1.      penduduk yang menetap
2.      wilayah tertentu
3.      pemerintahan
4.      kemampuan untuk berhubungan dengan negara lain.
20

PEDOMAN PENSKORAN :
NA (Nilai Akhir) = Perolehan Skor x 100
                                Skor Maksimal







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


  1. Identitas Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Kelas/Program                   : X / BS - RPL
4.      Semester                            : Gasal
5.      Jumlah Pertemuan             : 1  x Pertemuan (2 x 45 menit)

  1. Standar Kompetensi            
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
C.  Kompetensi Dasar               
1.2  Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

C.    Indikator                               
1.        Menganalisis  pengertian Negara
2.        Mendeskripsikan asal mula terjdinya negara
3.        Mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya negara
4.        Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
5.        Menganalisis  bentuk-bentuk kenegaraan


E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menganalisis pengertian negara
2.      Siswa dapat mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3.      Siswa dapat mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya negara
4.      Siswa dapat menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
5.      Siswa dapat menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan

F.     Materi Ajar
Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan :
1.      Hakikat negara
2.      Asal mula terjadinya negara
3.      Unsur-unsur terbentuknya Negara
4.      Makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain
5.      Bentuk-bentuk kenegaraan






G.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab , tugas
H.    Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
 Kertas, Laptop, LCD
Sumber pembelajaran :
1.      Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta, Erlangga
2.      Tim LP2IP, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
I.       Kegiatan Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Pendikar

1.
Pendahuluan :
1.    Mengucapkan salam, berdoa dan presensi siswa
2.    Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
3.    Menyampaikan SK dan KD yang akan dipelajari
±10
1.      Kreatif
2.      Rasa ingin tahu




2.
Kegiatan Inti :
Pertemuan 1
EKSPLORASI :
1.      Guru menyampaikan materi mengenai Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan, hakikat negara, terbentuknya negara makna penting pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk kenegaraa.
2.      Siswa diajukan pertanyaan terkait materi yang sedang di bahas,  untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas  materi tersebut.
3.      Siswa diberikan waktu untuk bertanya terkait dengan materi yang sedang dibahas, untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas.

Pertemuan II :
EKSPLORASI :
1.      Guru memanggil wakil kelompok untuk mengambil no urut.
2.      Siswa mempresentasekan hasil maimapping mengenai asal mula Negara dengan mengenalkan anggota kelompoknya.
3.      Setelah menjelaskan maimapping, kelompok lain mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang mempresentasikan dan menjawab pertanyaan tersebut.

ELABORASI :
Pertemuan I:
1.    Siswa menyiapkan kertas dan guru memberikan tugas pertanyaan.
2.    Siswa di berikan tugas pertanyaan terkait dengan materi yang telah dibahas, dan diberikan waktu 20 menit untuk mengerjakan
3.    Siswa yang sudah selesai mengumpulkan di meja guru.
Pertemuan II :
1.   guru menyimpulkan hasil dari terbentuknya negara
2.   siswa di berikan kesempatan untuk bertanya
±65
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kerja keras




3.
Penutup : 
Pertemuan I dan II
1.    Refleksi :
Guru dan Siswa menyimpulkan  materi tentang Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.
Pemberian Tugas  :
Pertemuan I
Guru memberikan tugas untuk membuat maimapping mengenai terbentuknya negara terdiri 1 kelompok 4 orang.
±15



Bersahabat

J.      Penilaian :
1.      Penilaian kognitif
2.      Penilaian Afektif

Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs.H.Ahmad Dahlan                                                                                Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                        









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


  1. Identitas Sekolah
1.      Nama Sekolah                   : SMK Muh 4 Yogyakarta
2.      Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Kelas/Program                   : X / BS - RPL
4.      Semester                            : Gasal
5.      Jumlah Pertemuan             : 1  x Pertemuan (2 x 45 menit)

  1. Standar Kompetensi            
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
C.  Kompetensi Dasar               
1.3 Menjelaskan pengertian,   fungsi dan tujuan NKRI
C.    Indikator                               
1.      Menjelaskan pengertian dan fungsi negara
2.      Membandingkan berbagai teori tujuan Negara
3.      Menganalisis tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan dan fungsi negara
2.      Siswa dapat membandingkan berbagai teori tujuan negara
3.      Siswa dapat menganalisis tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

F.     Materi Ajar
1.      Pengertian NKRI sesuai dengan UU yang berlaku
2.      Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
G.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan Tanya jawab
H.    Media dan Sumber pembelajaran
Media pembelajaran :
 Kertas dan buku
Sumber pembelajaran :
1.      Bambang Suteng, (2007), PKn Kelas X, Jakarta, Erlangga
2.      Tim LP2IP, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta, LP2IP
3.      Retno Listiyarti, (2007), PKn SMA Kelas X, Jakarta, ESIS

I.       Kegiatan Pembelajaran


No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)
Pendikar

1.
Pendahuluan :
1.    Mengucapkan salam, berdoa dan presensi siswa
2.    Apersepsi (menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran)
±10
1.      Kreatif
2.      Rasa ingin tahu




2.
Kegiatan Inti :
1.      Guru tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang akan di bahas.
2.      Guru menyampaikan materi pengertian NKRI sesuai dengan UU yang berlaku dan tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
3.      Guru menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
±65
1.      Rasa ingin tahu
2.      Bertanggung jawab
3.      Kerja keras




3.
Penutup : 
1.    Refleksi :
a.       Guru dan Siswa menyimpulkan  materi mengenai pengertian NKRI sesuai dengan UU yang berlaku dan tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
b.      Guru mengucapkan salam

±15



Bersahabat


J. Penilaian
       1.      Penilaian Kognitif
       2.      Penilaian Afektif


Yogyakarta, 30 Juli 2015
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs.H.Ahmad Dahlan                                                                                Rini Ismanan S.Pd
NIP 19560215 198602 1 001                                                                    




Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: